Jumat, 24 Februari 2012

Cara Membuat Kotak Komentar Di bawah Posting


Bagi kamu yang baru ngeblog alias newbi, ingin Membuat Kotak Komentar Di Bawah Posting? Sebenar pertanyaan ini sering sekali muncul pada chatbox ataupun kolom komentar pada blog ini. Biar tidak ada yang penasaran saya akan coba mempostingnya, banyak juga koq yang sudah memposting tutorial seperti ini. Dari sekian cara yang saya sudah lakuin metode yang inilah yang paling gampang dan mudah, cocok deh buat kamu yang baru ngeblog. Cara ini juga sudah dilakukan oleh o-om dan kang rohman

Feature ini masih dalam draft blogger (masih dalam uji coba)sebenarnya, dikarenakan banyaknya complain tentang rumitnya proses komen pada blogspot, akhirnya team dari blogger memperbaiki juga akan masalah ini. Sekarang Blogger membolehkan kita memasang form komentar (Embedded Comment Form) dibawah postingan.

1. Untuk memasang Kotak Komentar di Bawah Postingan (Embedded Comment Form) pertama login dulu ke http://draft.blogger.com. Ini biasa yang sering terlewatkan, kalau kamu login blogger biasa tidak akan menemukan fasilitas sematkan dibawah entry jadi mohon di perhatikan untuk login ke draftblogger ya..!!!

2. Tuju pada blog yang akan anda pasang kotak komentarnya. Klik pada Pengaturan

3. Klik tab "Komentar" setelah itu tuju ke "Penempatan Formulir Komentar" jangan lupa beri tanda centang pada "disematkan di bawah entry".



4. Klik tombol Simpan Pengaturan yang ada di bagian bawah layar monitor anda.

5. Selesai. Silahkan lihat hasilnya, mudah-mudahan langsung sukses.

Gimana?? berhasil? atau masih pusing? he..he.. bagi yang ud sukses silahkan tersenyum gembira dan stop sampai disini, tapi bagi yang belum juga berhasil kita lanjut step berikutnya.

Cara ini sebenarnya agak sedikit maksa karena kita akan menghapus coding <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'> kemudian menempatkan kembali kodenya pada posisi semula. Cara ini sebenarnya tidak menghapus element halaman post, jika tetap dipaksakan kita akan kehilangan settingan sebelumnya. Wahh,, ud kepalang tanggung bos!!! Gimana?? hajar aja dech.. yuukk marii!!!

Untuk solusinya kita akan mengedit halaman HTML kita, seperti biasa back up template kamu dulu untuk menjaga-jaga jika terjadi error.

Langkah #1
1. Masuk ke halaman Tata letak - Edit HTML (jangan lupa beri tanda centang pada Expand Template Widget).

2. Cari kode dibawah ini: (Kadang setiap template agak berbeda jadi focus saja ke kode class='comment-footer')

<p class='comment-footer'>

        <b:if cond='data:post.allowComments'>

        <a expr:href='data:post.addCommentUrl'            
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>

    </b:if>


</p>

Kalau pusing nyarinya, pencet saja F3 lalu copy baris ke 1 kode diatas isi pada kotak find (biasanya dibawah untuk mozilla), jika tidak ketemu coba cari "comment-footer" saja, setiap template memang berbeda.

3. Kalau sudah ketemu kemudian hapus semua kode diatas dan ganti dengan semua kode dibawah ini.

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if>

</b:if>
</p>

4. Klik tombol Simpan Template.

5. Selesai Langkah #1, sebelum lanjut rehat dulu sebentar!!! boleh push up dl biar melemaskan otot, he..he..

Langkah #2
1. Klik pada Pengaturan

2. Klik tab Komentar, tuju ke tulisan Penempatan Formulis Komentar, kemudian beri tanda pada radio button untuk Disemat di bawah entri. Biar lebih jelas, sok dilihat gambarnya :



3. Klik tombol Simpan Pengaturan yang ada di bagian bawah layar monitor anda.


4. Selesai. Silahkan lihat hasilnya.

Selamat Mencoba ya?? Atau kalo masih kurang puas dan ingin yang sama persis dengan kotak komentar seperti di blog ini, di tunggu aja posting berikutnya.




sumber: http://indo-trans.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar